10 ATURAN DASAR GOLF UNTUK PEMULA

10 ATURAN DASAR GOLF UNTUK PEMULA

1. Klub di tas Anda

Anda diizinkan membawa hingga 14 klub (itu EMPAT BELAS!) Di tas Anda selama babak kompetitif. Anda mungkin membawa lebih sedikit tetapi pastikan Anda memeriksa isinya sebelum memulai dan membuang yang lainnya – akan dikenakan biaya pukulan penalti untuk setiap lubang yang Anda mainkan. (Aturan 4-4).

Pemimpin semalam putaran final Kejuaraan Terbuka 2001 Ian Woosnam dapat memberi tahu Anda semua tentang peraturan ini setelah dikurangi dua pukulan karena memiliki satu klub terlalu banyak di tasnya.

2. Mainkan dalam parameter tee

Bidikan tee pertama dari putaran selalu menakutkan, bahkan untuk pegolf berpengalaman, jadi pastikan Anda tee-up di antara dan di belakang bagian depan spidol yang sesuai – biasanya putih untuk tee medali, kuning untuk pria, merah untuk wanita – dan dalam dua klub panjangnya.

Dengan semua pemikiran ayunan yang melewati kepala rata-rata pemain, mudah untuk melupakan parameter dasar ini. Hukuman untuk membuat bola di luar mereka (Anda dapat mengambil posisi di luar jika diinginkan) adalah dua tembakan dalam strokeplay. (Aturan 11)

3. Hindari memainkan bola yang salah

Kedengarannya sangat jelas tetapi kecuali Anda menandai bola Anda sebelum mulai, ada bahaya – dengan begitu banyak bola golf dicap dengan cara yang sama – Anda dapat mengira bola Anda milik orang lain.

Bermain bola yang salah dalam matchplay bisa berarti kehilangan lubang di tunggal dan akan menjadi penalti dua pukulan dalam strokeplay. Untuk menghindari penalti seperti itu, maka tandai bola Anda dengan lebih jelas dengan simbol yang dipersonalisasi khusus.

Tetapi jika Anda tidak yakin bola – dalam kasar, misalnya – adalah milik Anda, beri tahu mitra bermain Anda, tandai dengan hati-hati dengan pasak tee, angkat tetapi jangan bersihkan (hanya untuk mengidentifikasi) dan ganti di tempat yang sama Anda berada dalam hak Anda. (Aturan 15-1).

4. Putusan hijau

Setelah Anda mencapai hijau, ada beberapa Aturan utama yang perlu Anda ketahui. Setelah bola mendarat di permukaan puting, Anda dapat menandainya dengan koin, atau cakram, angkat dan bersihkan, tetapi jangan lupa ganti di tempat yang tepat.

Anda dapat memperbaiki tanda pitch – bukan hanya milik Anda – kerusakan lain seperti tanda spike yang melekat pada green tetapi tidak pada garis putt Anda, putt mitra bermain, atau perpanjangannya, sebelum penyelesaian lubang.

Anda dapat memiliki flagstick yang dihadiri setiap saat tetapi bola tidak boleh mengenai itu. (Aturan 17)

5. Mainkan bola Anda saat berada

Selalu mainkan bola Anda saat bola itu berada, di mana pun ia beristirahat, kecuali jika Peraturan mengizinkan Anda melakukan sebaliknya.

Pengecualian yang paling umum termasuk pengaruh ‘rintangan longgar’ – Anda dapat menghilangkan dedaunan, ranting longgar, sampah – atau ‘penghalang’, seperti jalur buatan manusia, drainase, alat penyiram, dari mana Anda akan menerima bantuan gratis dan dapat jatuh bola Anda dalam satu panjang klub pada titik bantuan terdekat, tidak lebih dekat ke lubang. (Aturan 13-1)

6. Kebohongan yang tidak bisa dimainkan

Jika bola Anda beristirahat di posisi yang Anda yakini tidak dapat dimainkan, Anda memiliki tiga opsi.

Entah memukul bola lain dari titik tembakan Anda sebelumnya, jatuhkan bola di belakang kebohongan yang tidak dapat dimainkan (sejauh yang Anda inginkan menjaga kebohongan asli di antara Anda dan lubang) atau jatuhkan bola dalam dua panjang klub di kedua sisi kebohongan yang tidak dapat dimainkan. 

Setiap opsi dikenakan penalti satu pukulan. (Aturan 28)

7. Tidak ada jalan kembali dari Out of Bounds (OB)

Mengetahui apa yang harus dilakukan ketika bola Anda keluar dari batas sangat penting bagi seorang pemula. Sebuah bola yang mengenai batas-batas kursus (biasanya ditandai dengan taruhan putih) harus dimainkan ulang dari posisi semula dengan menambahkan penalti satu pukulan.

Kartu skor setiap mata pelajaran harus memiliki batas yang ditandai atau dijelaskan dengan jelas.

Jika Anda yakin bahwa tembakan telah terjadi OB atau bahaya air selalu mainkan sementara dan nyatakanlah.

Anda memiliki lima menit untuk mencarinya dan jika memang hilang Anda menghemat waktu berharga melanjutkan dengan bola sementara meskipun penalti satu pukulan.

Jika sumber asli Anda kemudian ditemukan dalam batas atau kering dalam waktu lima menit dari titik pencarian, Anda harus melanjutkan dengan bola asli. (Aturan 27-1b)

8. Mencari saran

Meskipun golf adalah salah satu olahraga yang paling mudah bergaul, golf adalah permainan soliter dan ini tercermin dalam Peraturan.

Anda tidak dapat meminta saran tentang pemilihan klub misalnya dari siapa pun selain rekan setim Anda (jika Anda bermain fourball atau foursome misalnya) atau seorang caddy.

Anda juga tidak harus menawarkan saran kepada lawan dalam kompetisi. Namun, Anda dapat meminta informasi tentang Peraturan, jarak, atau posisi bahaya atau tanda garis. (Aturan 8-1)

9. Definisi bola menyerang

Menyerang bola akan tampak seperti masalah teknik tetapi sebagian juga diatur oleh Peraturan.

Misalnya, jika Anda berada dalam kebohongan yang sulit dengan sikap canggung, Anda harus memukul bola dengan kepala klub.

Anda tidak dapat menyendok, mengikis, atau mengibaskannya dengan gaya yang tidak dapat digambarkan sebagai ‘pukulan’. Hukuman dua tembakan dalam strokeplay dan hilangnya hole in matchplay tunggal akan menjadi hasilnya. (Aturan 14-1)

10. Skor dengan benar

Pada akhir ronde strokeplay, pastikan kartu Anda telah selesai dengan benar – dicapai dengan membandingkan skor yang telah Anda tandai pada kartu mitra bermain (Anda akan bertukar kartu di awal ronde) dengan kartu yang telah ia rekam.

Setelah Anda setuju, kartu harus ditandatangani oleh kedua belah pihak sebagai catatan yang benar dari setiap lubang. Penambahan tidak harus harus akurat tetapi skor hole individu harus dihitung. Kartu penilaian salah, jika skor lebih rendah dimasukkan, dan yang tidak ditandatangani akan menyebabkan diskualifikasi. (Aturan 6-6).